KENANGAN DKT KIRIM SUKARELAWAN KE MERAPI

Rabu, 12 Januari 2011


Kepedulian terhadap korban bencana meletusnya gunung Merapi sampai kini masih jadi perhatian berbagai institusi. Kabar terakhir Awan panas dan Debu Merapi telah meluluh rantakkan semua aset masyarakat yang tinggal di sekitar Magelang dan Sleman. Keprihatinan atas nasib mayarakat yang tinggal di kaki gunung Merapi itulah yang kemudian menggerakkan semangat komunitas seniman dan pewarta Foto Pantura menggaas dibentuknya Tiem penggalangan dana dan relawan untuk dikirim ke daerah yang terkena bencana Merapi.

Tepatnya pada tanggal 10 Nopember, DKT dan para pewarta Foto mengadakan rapat kilat. Esok harinya penggalangan dana pun dilakukan dengan menggunakan metoda gebrak seni secara berkeliling. Rombongan Seniman Dewan Kesenian Tegal pun mengetuk warga Tegal di Mall, swalayan dan perkantoran. Dari dana yang diperoleh Posko DKT juga menerima banyak bantuan dari warga Tegal berupa pakaian, makanan, dan kebutuhan para pengungsi merapi. Kamis Malam jumat 11/11 DKT dan Komuditas Pewarta Foto juga menyelenggarakan malam dana di halaman Gedung Wanita (Gedung Kesenian Kota Tegal). Beruntungnya kegiatan yang digagas secara kilat tersebut mampu menghadirkan tokoh-tokoh penting di Kota Tegal. Bahkan dana yang terkumpul malam itu tak kurang dari 14,4 juta rupiah.

“Usaha kami tak sia-sia. Warga Tegal ternyata memiliki solidaritas dan kemanusiaan yang tinggi. Bagaimana tidak, dengan kesemangatan kawan-kawan dan ketulusannya, Kegiatan pencarian dana untuk korban Merapi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik,” ujar Nurgudiono Ketua DKT.

Sementara itu Wawan selaku ketua Pewarta Foto Pantura, merasa terpanggil untuk bekerjasama dengan Dewan Kesenian Kota Tegal. Upayanya menggerakkan teman-teman di Tegal ternyata tidak sia-sia. “ Saya secara kebetulan memperoleh data kongkret yang ada di wilayah Muntilan Magelang. Untuk itu kami bersama relawan seni memutuskan untuk mengunjungi para pengungsi di Muntilan. Adapun seluruh bantuan yang telah diterima akan kita sampaikan secara langsung di sana,” tegasnya.

Pada malam penggalangan dana tersebut, Wali Kota Tegal H.Ikmal Jaya, mendukung kegiatan yang digagas Para Pewarta Foto Pantura dan DKT. Ide memberikan jasa lukisan karikator tiap tokoh Tegal yang menyumbang menurutnya merupakan gagasan cerdas. “Untuk menyemangati niat tulus teman-teman pewarta Foto Pantura dan Seniman Tegal yang akan berangkat ke pengungsian Merapi di Mangelang, Pemkot akan memberiakn bantuan transportasi sesuai kebutuhan. Trimakasih atas karikatur yang digagas DKT, dengan ini saya sumbang dari sisa uang pribadi saya sebesar 500 dolar,” tutur Ikmal Jaya sembari menyuguhkan satu tembang manis di malam itu.

Selain Wali Kota, Sekda Kota Tegal ,Ketua DPRD Suripno, Anggota DPRD Abdulah Sungkar, dan Kepala Dinas Parbud Tegal Wahyudi juga ikut menyumbang kegiatan penggalangan dana Merapi. Bahkan seluruh seniman dan undangan yang hadir di acara tersebut serentak bangkit dan menyumbang setelah hiburan musik KMSWT, Licak Perkusi, Sengkuni Band, Pembacaan Puisi dan Sulap mendapat aplous yang hangat.

Esok harinya Rombongan Relawan Seni yang dipandu para Pewata Foto Pantura berhasil memasuki daerah penampungan Pengungsi di Muntilan yang dalam data Posko Banser NU Mangelang memerlukan sarana hiburan dan bantuan secara langsung. Tepatnya 3 titik yang disarankan para pemandu dapat dilaksanakan. Utamanya anak-anak dan sebagian kecil pengungsi yang bertahan di Dusun Pring dan Munggkid yang di tampung di lembaga pendidikan NU terhibur dengan Tampilan Badut, Dongeng, tembang, wayangan dan sulap.

“Kami membawa 2 badut, penongeng, dalang wayang lucon, dan para magisian untuk menghibur anak-anak di pengungsian di muntilan. Alhamdulillah berjalan dan mendapat sambutan yang meriah dari warga setempat,” ungkap Nurngudiono.

Pesulap Agus Bendrat dan Egi, merasa puas daat menghibur anak-anak di pengungsian korban Merapi. “Sayangnya informasi Gunung Merapi yang sore Sabtu itu kembali bereaksi dan diprediksi membahayakan harus mempercepat pulangnya 18 orang Tim Rlawan Tegal Kemerapi,” ujar Bendrat. *** (Nurochman S)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Gurit Dermayon © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum